/**/ /**/

11.16.2008

Install OS to hard disk sata

. 11.16.2008

Apakah Anda tahu, saat ini hard disk terdiri dari 2 tipe: ATA dan SATA. Hard disk ATA adalah hard disk biasa, sedangkan hard disk SATA adalah hard disk tipe baru (next generation). SATA adalah singkatan dari SERIAL ATA. Hard disk SATA lebih tipis dan lebih cepat dibandingkan hard disk ATA, tetapi cara penggunaannya sama.Sekarang yang jadi permasalahan nya ialah menginstal OS ke hardisk SATA tersebut.

kenapa??,untuk menginstal OS di hardisk SATA kita ngak bisa menggunakan metode yang sering kita pake untuk install pada hardisk ATA, ya jelas ja beda lah om.....

nah untuk itu lah saya membuat artikel ini,,
sebenar nya sih banyak cara untuk menginstal OS di SATA, contoh dengan menggunakan flopy disk,mang masaih da yang jual tu barang??????...



ya ngak tau juga sih, mudah-mudahan masih ada x....

itusih metode cara lama,kayak nya metode tu sangat ribet and repot....pot....pot..pot...
mau ngak repot ya dah tidur ja sana.....
hidup ko mau enak trus....
kwkwkwkwkwk....

ok deh kita persingkat ja.....

untuk persiapan anda harus melengkapi persiapan berikut:

1.net framework2
2.nLITE
3.draver sata
4.cd-r(kosong)
5.cd master XP
6.Pc/laptop harus memiliki cd-room rw/dvd-room rw

gimana dah dilengkapi persaratan nya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstall netframework(aplikasi ini di instal jika nLite meminta nya),and jika dah clear lanjutkan dengan install nlite,persiapan selesai..

trus.....
ok sabar, nah sekarang kita masuk pada inti dari semua nya baik lah saya akan menerangkan gimana cara menggunakan applikasi nLIte ini:

1. Jalankan aplikasi nLite,jika berhasil akan muncul form seperti pada gambar berikut,pada form ini kita disuruh untuk memilih bahasa,silahkan deh pilih bahasa yang anda ingin kan, untuk tutorial ini saya memilih bahasa english,kalau dah nemu bahasa yang cocok kayak beli baju klik ja tombol next.sebelum masuk ke langkah berikut nya masukin dulu cd MASTER XP(terserah mau XP berapa aja).



2. Di form ini kita diharuskan mencari lokasi CD OS Windows Xp dengan menekan browse misalkan letak nya ada di drave F: ya udah di blok aja tu drave nya. Tekan tombol ok.


3. jika muncul pesan seperti di bawah ini, itu arti nya anda di minata untuk menentukan di mana harus menyimpan hasil kopian OS nya tadi, di OK in aja.



nah tentukan lokasi dimana harus menyimpan hasil copy OS nya hasil kopiannya harus dimasukan ke dalam satu folder, ya buat menjaga kerapian aja.



4. jika udah menentukan di mana tempat penyimpanan hasil dari kopian OS tadi, aplikasi akan otomatis melakukan copy ke file yang anda telah tentukan, nah di tunggu ja ya sampai proses copy nya selesai, klu dah selesai tinggal klik lagi deh tombol next.



5. Form yang ini di cuekin aja....next



6. Nah di form ini kan ada banyak pilihan tu, kita pilih yang Driver & Bootable Iso, next.....



7. form ini berfungsi untuk memasukan driver sata nya, pada tombol insert pilah yang singel driver. nah jika tampil seperti form yang kedua, lu cari dimana kamu nyimpen Draver sata nya, kalau dah ketemu cari file yang nama nya iastor.inf, lalu open nah secara otomatis anda akan diantar kan ke form yang no 3 dibawah ini lakukan configurasi seperti berikut pilih textmode draver lalu blok semua file yang ada kalau dah tekan ja ok.

1.

2.

3.

8.oh ya lupa pada point no 7,lupa nyuruh nekan tombol next, nah pada form ini,seperti gambar di bawah ini, ya udah nunggu apa lagi tekan tombol yes nya, tunggu ampe proses selesai,....next



9. akhir nya kita udah 80% ampir kelar, ok di form ini pada pilihan mode nya silahkan pilih Direct burn, oh ya cd master XP nya dah bisa di keluarin, and cd-r(kosong) bisa lu masukin. nah untuk mulai proses pembakaran cd klik ja tombol burn, tunggu ja sampai proses nya kelar,,itu tanda nya kelar juga deh kerjaan kita,,,,,



nah kalau proses burnning nya dah kelar,sekarang kita bisa melakukan instalasi OS dengan cd buatan kita sendiri, untuk laptop/pc yang kita inginkan, jangan lupa pada bios setting cd-room pada first booting ok.......


jika anda belum memiliki netframework2 & Nlite nya anda bisa kunjungi websate ini
www.filehippo.com atau bisa langsung download nlite & download netframework2
untuk driver sata nya bisa di download disini (compaq presario v3000).

ok selamat mencoba.....
jangan pernah menyerah cari terus solusi nya.......



Related Posts by Categories :



3 comments:

Arif.Ust said...

Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com
terima kasih banyak.

Pipa Cangklong said...

bro kalo mo instal g parted pada hardisk sata gimana ya cara nya... rencana nya mo jadi secondary hd (hanya tempat penyimpananan):)

eddie said...

waduh maksud nya mas zaql gimana ya,
eddie kurang ngerti nih, bisa ngak lebih diperjelas lagi,, :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

MY BANNER

eddie
Racun dunia is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com